Sebuah Cara Menghargai Wajah Kita

MENGETAHUI TIPE KULITKU

ingin tahu, tipe kulit seperti apa elo, elo, elo semua….?

memilih kosmetik itu, harus sesuai dengan tipe kulit seseorang , jadi kalo kita beli kosmetik untuk kulit kering , padahal kulit kita berminyak, itu akan tambah parah, bukannya kulit mulus kinclong, eh……, malah ancur gara-gara salah kosmetik. (pengalaman diri sendiri)

CARA MENGETAHUI TIPE KULIT

yaitu dengan mencuci muka dengan bersih sih sih……. , setelah itu jangan olesin apa-apa , kalo bisa juga jangan dipegang…., lalu tunggu sekitar 20 menit. karena berlalunya waktu, maka kulit akan mengeluarkan minyak secara alami. tapi tergantung sama kondisi kulit itu sendiri…., soooooo kilat lihat hasilnya…..!

KALO KULIT KERING :
pada umumnya wajah seperti tertarik dan kering, ini menandakan bahwa kamu butuh kosmetik untuk kulit kering secepatnya…….!

KALO KULIT BERMINYAK :
pada umumnya di wajah kamu akan keluar minyak , dan wajah tidak terasa tertarik karena minyak tersebut.
jadi mulai sekarang biasakan liat pada kemasan dulu sebelum maen comot beli aja…., dilihat dulu, kondisi kulitnya udah sesuai dengan kosmetik kamu apa belom…..

KALO KULIT KOMBINASI :
ini tipe kulit yang paling rumit menurut gue, gue juga bingung mau dibeliin kosmetik macam apa kalo kulit gue kulit kombinasi, biasanya kulit kombinasi itu mengilap di daerah T yaitu di daerah hidung dan dahi, tetapi terasa kering dan kencang di daerah U , yaitu pipi dan dagu.

KALO KULIT NORMAL…..!
inilah kulit yang paling didam-idamkan semua wanita………! biasanya gak ada perasaan tertarik atau kencang dan mengilap , jadi gak kering maupun gak berminyak…, cocok banget buat kosmetik apapun dengan kondisi kulit normal….!

NOTE : tapi bukan berarti kulit wajah hanya terdiri dari satu macam tipe. Kulit wajah terus berubah tergantung cuaca atau lingkungan, usia, dan kondisi kesehatan.

ada beberapa macam faktor penting yang membedakan karakter kulit dengan kondisi kulit yang terlihat yaitu :

– KETURUNAN
– KEBIASAAN HIDUP
– LINGKUNGAN

PERAWATAN MENURUT TIPE KULIT

KULIT KERING :

pada umumnya kulit ini adalah kulit yang sangat kekurangan air dan minyak serta rapuh dan mudah muncul sel kulit mati. ketika mencuci muka, jangan mencuci terlalu bersih…., jangan gosok sana-sini , dan jangan sering mengelupas sel kulit mati . pake aja kosmetik yang bikin kulit lembab dan sedikit memberikan minyak. terus sering dipijat 1-2 kali seminggu untuk merangsang sekresi kelenjar minyak.

KULIT BERMINYAK :

ini adalah tipa kulit yang banyak mengeluarkan sebum (alias berminyak -__-) ini adalah tpe kulit gue (gak ada yang nanya!) pori-porinya besar dan sering muncul jerawat (pas…! banget). selalu tidak nyaman karena make-up sering terhapus…. (ngeselin banghet sech….) tapi disatu sisi, dengan perlindungan minyak yang banyak , penuaan kulit jadi melambat (yeah…, awet muda nich gue…!)
caranya memcuci muka sampai bersih….!, dan menghilangkan sel kulit mati dengan sangat teratur biasanya harus membersihkan semua sebum yang dikeluarkan dengan kertas minyak, tapi jangan over bersih…!, ingat kalo kulit kalian terlalu bersih, kotoran akan jauh memasuki pori-pori, dan malah jerawatan karena kulit akan lebih giat memproduksi minyak pada wajah….! Untuk kosmetik, pake aja produk yang minyaknya sedikit, atau malah yang oil free dan memberi rasa segar pada wajah okey…..

KULIT KOMBINASI :

Wajah yang memiliki banyak minyak di daerah T (hidung dan dahi), tapi relatif kering di daerah U (pipi dan dagu). banyak banget wanita yang memiliki tipe kulit kombinasi, yaitu kering dan berminyak, jadi bukannya keseluruhan kulit dirawat dengan satu macam pola, tapi dirawat dengan membaginya sesuai daerah tipe kulit (ribetnya gak ketulungan…!). Contohnya di daerah T , tetap hilangkan sel kulit mati secara teratur dan kendalikan dengan kosmetik untuk kulit berminyak. serta penuhilah minyak didaerah U dengan produk untuk kulit kering.

KESIMPULAN :

jangan berpikir kalau tipe kulit sendiri itu hanya satu macam. karena kondisi kulit berubah tergantung musim dan usia, perawatan kulit juga jadi beragam , jadi jangan ketergantungan sama salah satu produk. Kalau diambil contoh di negara dengan empat musim, di musim panas , kulit yang terlampau kering , setelah mencuci muka hanya dioleskan toning dan essence cair dengan singkat. Tapi dimasa pergantian musim seperti musim semi dan musim gugur, kulit berubah menjadi tipe kulit kombinasi. sebagai tambahan, diaerah U diloskan lagi krim pelembab , ketika musim dingin , kulitnya jadi sedikit lebih kering , jadi oleskan krim nutrisi sebagai tambahan…

sekarang udah tahu kan tipe kulit mana elo, elo elo dan elo ….? so…, mulai sekarang check dulu pada kemasan kosmetik, jangan sampai salah pilih produk hanya karena gak sesuai dengan tipe jenis kulit , atau malah kalian ini sudah salah produk sekian lama dan baru nyadar sekarang….?

Sumber : buku dan google
via : kwangcherrymin.blogspot.com

BAB 1 KENAPA KITA HARUS CANTIK DAN BER MAKE-UP ??

Alasan Pertama :Kalo buat Cherry, alasan yang paling utama kenapa kita pake make-up biar kelihatan cantik itu untuk diri sendiri, lumayan kan kalo ada yang ngeliat, gak malu-maluin kayak Cherry (gak mandi 3 hari..!)

Alasan Kedua :Kalian pasti pernah merasakan suka sama seorang cowok ? kalo gak pernah yaudah….
alasan yang ini mungkin optional, kalo cantik, mungkin seorang cowok yang kamu taksir bisa ngeliat kalo ternyata jelek sama cantik itu gak ada bedanya (kayak Cherry)
ketika kalian jelek, pasti cowok itu akan langsung pergi , nyuekin , atau malah ninggalin kalian.
sebaliknya ketika kalian cantik, pasti banyak yang ngaja ngomong, ngobrol, atau malah ujung-ujungnya kalian bisa ditembak…! (pengalaman diri sendiri)
dan pastinya cowok yang udah nolak kita semua bakal menyesali perbuatannya karena ternyata kalian cantik…! (pengalaman diri sendiri)

NOTE : NONTON AJA FILM “CRAZY LITTLE THING CALLED LOVE”
karena di cerita itu, yang namanya cinta sejati gak tergantung apakah kalian cantik atau jelek…..

Alasan ketiga :Kalo kalian cantik, cantik itu pasti akan menempel pada badan kalian, dan pasti dibawa kemana-mana kan…..? cewek cantik itu sama halnya dengan cowok yang punya mobil mewah.
meskipun kalian gak punya pacar, tapi itu akan bernilai lebih, ketika kalian merasa bangga sendiri karena kalian cantik.

BAB 2 LANGKAH-LANGKAH SEBELUM MAKE-UP….!

Langkah pertama : Yang paling penting sebelum memulai make-up adalah BERSIH , jadi semuanya yang disekitar kalian itu harus bersih, coba liat kamar kalian , udah bersih apa belom….? liat rumah kalian udah bersih apa belom….? jangan cuma ngandelin pembantu buat bersih-bersih rumah….
kalo bisa, kalian sendiri yang bersih-bersih rumah itu sekarang juga…!

Langkah kedua : ini juga penting, pokoknya semuanya penting banget…! yaitu adalah BAB…..!, yup..!, kenapa harus BAB? karena sumbernya kotoran itu ya adanya di BAB…! BAB juga bisa menghilangkan jerawat lhoh….! (pengalaman diri sendiri)
lebih baik jika BAB itu sehari sekali (aku pernah 1 minggu gak BAB sama sekali)
alasan kenapa munculk jerawat kalo kena sembelit…?
ini karena kalau kotoran lama berhenti di usus besar, zat berbahaya seperti amoniak dan lain-lainnya diserap lagi oleh tubuh, jadi munculah jerawat di wajah kalian.

CARA AGAR BAB LANCAR :

1. setelah bangun tidur, rentangkan badan dengan kuat dan dalam keadaan itu lakukan pernafasan perut selama 5 menit, ini agar syaraf diperut bangun supaya mereka kembali bekerja normal untuk memproses makanan yang udah kita makan seharian kemaren.

2. dalam keadaan perut kosong..! minum aja air putih 1-2 gelas , tapi kalo setelah makan, sebaiknya jangan minum ditengah-tengah makan , atau setelah makan , sebaiknya ditunggu dulu sampai makanannya turun agar tidak mengganggu pencernaan. minum di tengah-tengah makan bisa bikin gendut…! (pengalaman diri sendiri)

3. (INI JUGA CARA UNTUK LANGSING..!) diantara tiga kali makan dalam sehari, makan pagi itu yang paling penting…!, karena kalau perut diisi penuh , akan memberi dorongan menurun ke arah usus kecil dan usus besar . Ini akan merangsang gerakan pengosongan isi perut (detox mungkin..?)
makan pagi juga penting karena sewaktu pagi, perut kita tidak makan selama kurang lebih 8 jam!, perut kalian butuh makanan…!
selain itu, kalau paginya udah makan, sewaktu istirahat sekolah, kalian juga gak akan laper-laperan lagi, bahkan sampai pulang sekolah, kalian gak kalap banget makan dirumah, nasi 2 entong diabisin, ayam 1 ekor lenyap. (kan kasihan ortu kalian cuma makan kerikil…..XD)
(contoh orang yang kalap banget kalo makan siang)

4. Pemijatan, tekanlah perut dibawah pusar dengan ujung jari , lalu gunakan handbody lotion ditangan, lalu gosokan dengan lebut melingkar searah jarum jam (BAB berhubungan dengan syaraf otonom)

5. tiga makanan pilihan agar BAB lancar, yaitu cuka apel , setelah makan nasi disarankan minum cuka apel, ini juga mencegah agar nggak laper lagi , caranya dicampur sama air, diaduk2 kalo perlu ditambah madu biar gak terlalu asam , lalu ada Yoghurt , ini bagus diminum pagi hari sebelum makan , jika langsung diminum , laktobasillus akan mati diperut, jadi sebelumnya minum segelas air terlebih dahulu. lalu ada rumput laut..!, yeeee…. , kalian pasti sudah sering denger kalo rumput laut itu mengandung banyak serat yang dibutuhkan perut agar BAB lancar, nah…. , ini juga sebagai rahasia orang korea dan jepang, kenapa kulit mereka
mulus……. (ya karena BABnya lancar banget….)

NOTE : kalo dibandingin produk krim malam dengan BAB , yang paling penting adalah BAB….!
kenapa? karena segala sumber dari kecantikan adalah BAB

Langkah ketiga : Cari kosmetik yang sesuai…..! , kalian pasti pernah nyoba kosmetik, tapi malah gatel sana sini gak jelas….., itulah yang dinamakan kosmetik yang tidak sesuai, tidak pasti mahal itu bagus, malahan sekarang banyak dianjurkan untuk merawat diri pake bahan herbal…..

langkah keempat : Mencuci muka sebelum tidur….!, ini sama pentingnya dengan BAB , kalo dimalam hari kalian gak cuci muka sebelum tidur, bahkan meskipun kalian seharian gak pake make-up apa-apa , dijamin dalam waktu sekitar 3 hari akan ada jerawat yang muncul…! apalagi kalo jenis kulit kalian adalah jenis kulit berminyak…!, sehari gak cuci muka , rusak dah tuh kulit karena minyak yang berlebih…! (pengalaman diri sendiri)

langkah kelima : berkomunikasi dengan cermin…..!, ini memudahkan kamu juga untuk berkomunikasi dengan orang , coba liat di cermin saat kalian tertawa, cemberut, diem, ngelamun, pokoknya coba semua ekspresi kalian yang pernah kalian lakukan di cermin itu, cari tahu gimana ekspresi tertawa kalian yang paling bagus, terserah mau dibilang gila sama orang sekitar kalian (pengalaman diri sendiri)
itu akan memberikan kesan kalo kalian itu ramah, mungkin kamu yang dulunya judes, dengan latihan di depan cermin seperti itu berubah menjadi cewek ramah dan tidak sombong…! (pengalaman diri sendiri)

4 Masalah Rambut

Jika ingin menang dalam sebuah peperangan, yang perlu dilakukan pertama adalah mengenal betul siapa musuh kita sebenarnya. Ternyata, hal ini juga berlaku dalam mengatasi masalah rambut. Mari lindungi mahkota kita dari “musuh” yang mengganggu.

1. Polusi industri. Kita tidak akan pernah dapat mencegah terjadinya penempelan partikel debu, kuman, asap yang terdapat dalam polusi udara pada rambut kita, terutama bagi rambut berminyak atau yang telah disemprotkan hair spray. Musuh rambut satu ini dapat membuat rambut mudah kotor dan rusak.

2. Matahari. Sedikit paparan baik untuk rambut, tapi paparan matahari yang berlebih akan membuat sang surya menjadi musuh terburuk bagi kesehatan rambut kita. Matahari akan membuat rambut menjadi kering dan tidak jarang juga mengakibatkan rambut menjadi patah dan bercabang. Selain itu, sinar matahari mampu mengubah warna rambut kita menjadi kusam dan berwarna kemerah-merahan. Apabila aktivitas kita mengharuskan rambut terus terpapar oleh matahari maka pastikan rambut mendapatkan pelindungnya dengan cara melakukan perawatan rambut secara rutin 3 atau 4 kali seminggu.

3. Panas akan mengintensifkan kondisi alami rambut kita. Jika rambut kita kering akan menjadi lebih kering, jika rambut kita berminyak maka akan menjadi lebih berminyak. Panas juga akan membuat rambut menjadi kotor lebih cepat karena ketika panas kepala kita akan berkeringat dan lembap sehingga menyebabkan kotoran lebih mudah menempel.

Untuk rambut normal, kita hanya perlu mencuci rambut secara rutin dan melakukan perawatan deep conditioning(kondisioner rambut dengan konsentrat tinggi yang mampu melembapkan rambut hingga batang kulit paling dalam) sebulan sekali. Bagi yang memiliki rambut kering, aplikasikan kondisioner setiap kali selesai mencuci rambut, dan lakukanlah perawatan deep conditioning 3 minggu sekali. Sedangkan untuk pemilik rambut berminyak, kita memerlukan pencucian rambut yang lebih sering dibanding jenis rambut yang lain dan hindari penggunaan sampo yang mengandung kondisioner.

4. Air bisa menjadi musuh rambut jika itu berasal dari laut atau kolam renang. Mengapa? Kandungan klorin dalam kolam renang akan membuat rambut menjadi kering dan merusak. Ketika berenang, disarankan agar kita bisa menggunakan topi renang atau langsung mencuci rambut serta mengaplikasikan kondisioner pada rambut kita setelah keluar dari kolam renang.

Air laut juga dapat membuat rambut menjadi kering dan rusak. Bukan hanya karena kandungan garamnya saja yang tinggi, tapi pada saat kita berenang di laut secara bersamaan rambut kita juga akan terkena paparan sinar matahari yang merusak. Kondisi tersebut akan memperburuk proses perusakan rambut. Bilaslah segera rambut kita dengan air bersih dan aplikasikan kondisioner setiap kali kita selesai bermain di laut, terutama bagi kita yang memiliki rambut yang kering.

Memilih Kosmetik Yang Aman

Kosmetika is every women hearts!. Tapi kita juga harus berhati-hati dalam memilih dan menggunakan produk kosmetik yang aman. Apabila pemakaiannya salah, wajah kita tidak hanya imbasnya. Seperti iritasi, jerawat sampai kerusakan permanent pada wajah!! Ngerikan?!! Tapi jangan takut dulu, whatzups akan mengajak kamu mengenal seluk beluk kosmetik lebih banyak.

1. Jenis Kulit Ketahui dengan benar jenis kulit kamu. Pada umumnya, hampir 80 persen orang Indonesia berjenis kulit kombinasi (berminyak di area T: dahi, hidung, dahi). Pilih produk kosmetik, seperti pelembap, foundation, atau bedak yang sesuai jenis kulit.

2. Hentikan berbagi kosmetik pribadi Jika melihat tester di pertokoan atau mall, jangan langsung tergiur mencobanya. Minta pramuniaga yang ada membersihkan kosmetik kecantikan tersebut sebelum digunakan. Setelah digunakan kamu juga harus langsung membersihkannya kembali daripada menunggu sampai dirumah. Karena akibat berbagi, kamu tidak tahu penyakit apa yang dapat ditularkan oleh kosmetik kecantikan tersebut… ihhhhh serem kan. Tips amannya, gunakan pada area lengan kamu, jangan ke wajah untuk mengecek warna.

3. Alergy testing Sebelum membeli paket kosmetik, kamu harus perhatikan kandungan kimia dalam produk kosmetik kecantikan tersebut. Apabila kulit kamu bermasalah, gunakan kosmetik untuk kulit sensitif yang kandungan kimianya telah teruji. Kamu juga harus memperhatikan pengecekan sederhana pada paket kosmetik tersebut. Misalnya kamu dapat mengoleskan di bagian lengan atau belakang leher sambil searching kosmetik lainnya. Apabila kamu merasa gatal jangan beli, atau stop pemakaian produk kosmetik kecantikan tsb.

4. Jauhi dari Matahari Simpan paket kosmetik kecantikan anda dalam wadah atau tempat yang jauh dari panas atau sinar matahari. Selain dapat merusak kualitas, juga dapat menurunkan warna kosmetik kamu. Kamu juga harus telaten menutup rapat-rapat kosmetik setelah menggunakannya. Untuk mencegahnya dari kotoran debu serta kuman-kuman dalam udara.

5. Cermati lama penyimpanan kosmetik Bijaksanalah dalam menyimpan paket kosmetik kecantikan yang anda gunakan. Jangan memaksa apabila usianya sudah lebih dari dua atau tiga tahun. Karena, dapat membuat infeksi pada kulit serta menyebabkan iritasi fatal!. Usia lipstick, mascara, bedak, foundation, pelembab dan eye shadow rata-rata dapat bertahan sampai 2 tahun. Namun, produk liquid atau cairan usianya lebih muda dibandingkan kosmetik tersebut.

6. Bersihkan alat kosmetika Perhatikan kebersihan alat kosmetika anda. Biasakan mencuci alat tersebut secara rutin sebelum menggunakannya. Debu dan kotoran serta minyak wajah yang menempel dapat memicu perkembangbiakan bakteri yang jahat. Dengan demikian, bukannya cantik wajah anda akan bermasalah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s